LG Electronics (LG) tengah meningkatkan kerja sama strategisnya dengan Meta Platforms, Inc. (Meta) untuk mempercepat ekspansi bisnis teknologi XR atau extended reality. Mereka berusaha menggabungkan kelebihan keduanya dalam produk, konten, layanan, dan platform untuk mendorong inovasi dalam pengalaman pelanggan di ruang virtual yang sedang berkembang pesat.
Awal Kolaborasi Meta dan LG
Pada 28 Februari, manajemen LG, termasuk CEO William Cho dan Presiden Home Entertainment Company, Park Hyoung-sei, bertemu dengan Pendiri dan CEO Meta, Mark Zuckerberg, di LG Twin Towers, Seoul. Pertemuan ini sejalan dengan kunjungan Zuckerberg ke Asia.
Dalam pertemuan selama dua jam tersebut, mereka membahas strategi bisnis dan pertimbangan pengembangan perangkat XR generasi mendatang. CEO Cho, sambil mencoba headset Meta Quest 3 dan kacamata pintar Ray-Ban Meta, menunjukkan minatnya pada teknologi canggih Meta, terutama fokus pada model bahasa besar Meta dan potensinya untuk integrasi kecerdasan buatan di perangkat.
Membuka Jalan untuk Pengalaman XR Generasi Mendatang
LG berharap bahwa dengan menggabungkan platform Meta dengan kemampuan konten dan layanan TV mereka, mereka dapat menciptakan ekosistem unik di bidang XR, yang merupakan salah satu area bisnis baru perusahaan. Penggabungan elemen teknologi inti dari Meta dengan produk dan kemampuan kualitas terdepan LG diharapkan dapat memberikan sinergi yang signifikan dalam pengembangan perangkat XR generasi mendatang.
Perangkat XR dianggap sebagai perangkat personal generasi berikutnya yang dapat melebihi keterbatasan layar ponsel dalam hal imersi dan keintuisian. Perangkat wearable menawarkan potensi untuk secara signifikan memperluas interaksi pelanggan. CEO Cho sebelumnya menyatakan, “Kami melihat peluang untuk perangkat personal generasi berikutnya di arena bisnis XR.”
Meningkatkan Portofolio dengan Penuh Pertimbangan
Dalam beberapa tahun terakhir, LG telah secara strategis memusatkan sumber daya pada area masa depan yang menjanjikan pertumbuhan tinggi, dengan meminimalkan bisnis marginal berdasarkan dinamika pasar dan penilaian strategis. Kolaborasi Meta dan LG sejalan dengan strategi ini, yang bertujuan untuk memimpin inovasi dalam pengalaman pelanggan di ruang virtual masa depan, dengan mengantisipasi pengembangan penuh pasar XR.
Tahun lalu, LG mengungkapkan Visi Masa Depan 2030-nya, yang merinci tujuannya jangka panjang untuk berkembang menjadi Perusahaan Solusi Hidup Pintar yang dapat menghubungkan dan memperluas pengalaman pelanggan di berbagai domain, termasuk rumah, komersial, mobilitas, dan ruang virtual. Sebagai bagian dari restrukturisasi organisasional pada akhir tahun, unit bisnis XR yang didedikasikan didirikan di dalam Home Entertainment Company untuk mempercepat pengejaran usaha baru di ranah ruang virtual.